oleh

Dinas Pendidikan Peringatkan Sekolah Agar Penuhi Standar

TIMIKA – Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika terus berupaya agar semua sekolah-sekolah dapat memenuhi standart pendidikan agar bisa memberikan mutu yang maksimal bagi peserta didiknya. Apabila sekolah tidak bisa memenuhi standart yang ditetapkan pemerintah, maka penutupan sekolah dan pencabutan ijin operasional sekolah bisa dilakukan.

Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jeni O Usmany, Senin (17/5) mengatakan, pihaknya sudah memiliki data sekolah mana saja yang masih belum mencapai standart pendidikan sesuai arahan pemerintah. Untuk itulah, tahun ini pihaknya sudah memberikan peringatan kembali agar sekolah-sekolah tersebut dapat berbenah diri dan meningkatkan standart mereka.

Jika tahun depan sekolah-sekolah yang sudah diberikan bimbingan dan peringatan tersebut tidak juga memperbaiki kualitas mereka, maka pemerintah bisa saja menutup aktivitas pembelajaran di sekolah tersebut.

“Kan kita sudah punya data, tahun ini kita sudah warning, tahun depan kalau dia (sekolah) tidak memenuhi standart lagi, maka ditutup,” tegasnya.

Aturan ini sebut Jeni, berlaku baik untuk sekolah swasta, yayasan maupun negeri jika tidak bisa berkembang seperti tidak ada peminatnya, maka untuk apa sekolah tetap berdiri.

Kata Jeni, untuk membuka sekolah maka ada beberapa standart yang harus dipenuhi. Yang paling mudah yakni berapa jumlah siswa dan guru. Ia menyebutkan seperti satu sekolah harus diisi minimal 60 siswa dengan tiga rombongan belajar. Satu rombongan belajar diisi 20 siswa. Dan jika selama tiga tahun berturut-turut sekolah tidak bisa memenuhi jumlah siswa maka hal ini sudah dipastikan tidak ada peminatnya.

“Bagaimana jika anak cuma 10 orang, bagaimana kelolanya, ini aturan baru, jadi kita sudah sosialisasi, dan mereka (sekolah) sudah paham,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *