oleh

Upacara Pemakaman Wagub Dilakukan di Timika

TIMIKA – Mendengar kabar wafatnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE MM pada Jumat (21/5) pagi kemarin, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH langsung menelpon Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy untuk memastikan kabar tersebut sekaligus berkoordinasi mengenai prosesi pemakaman jenazah.

Setelah berkoordinasi Sekda Papua dan juga keluarga dalam hal ini istri Wagub, Ny Yolanda Tinal menyampaikan bahwa pemakaman akan dilakukan di Timika. Untuk memberikan penghormatan kepada Wagub Papua dua periode dan Bupati Mimika dua periode itu, Bupati Omaleng langsung mengumpulkan jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD untuk menggelar rapat persiapan.

Rencananya jenazah akan diterbangkan dari Jakarta pagi ini langsung ke Jayapura. Begitu tiba langsung dilakukan pelepasan di Bandara Sentani menuju Timika pada hari yang sama yakni Sabtu (22/5) hari ini. “Jenazah besok (hari ini) tiba di Jayapura dan langsung ke Timika. Sekda Provinsi perintahkan supaya siapkan semua,” kata Bupati Omaleng.

Sebagai pejabat negara dan tokoh besar maka Bupati menyatakan seluruh prosesi dilakukan secara kenegaraan sebagai bentuk penghormatan terakhir. Untuk itu Bupati memutuskan untuk membawa jenazah ke Pendopo Rumah Negara untuk semayamkan di sana.

Begitu tiba di Bandara Mozes Kilangin, jenazah langsung dibawa ke Rumah Negara yang berada di SP 3. Seluruh prosesi baik itu upacara kenegaraan, ibadah dan lainnya dipusatkan di sana. Bahkan sampai pemakaman meskipun dimakamkan di tempat pemakaman keluarga tapi tetap dilakukan secara kenegaraan. Nanti setelah pemakaman atau masa duka maka keluarga bisa kembali ke kediaman pribadi Wagub. “Sejak dari bandara sampai pemakaman harus tetap dijaga. Ini pejabat besar di Papua,” tegasnya.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adinatha mengatakan dipastikan ada banyak pejabat baik dari provinsi maupun kabupaten lain yang akan datang di Timika mengantar jenazah. Sehingga konvoi kendaraan pasti panjang. Ia sudah memerintahkan jajarannya untuk langsung mengambil langkah guna pengamanan dari kedatangan sampai pemakaman jenazah.(sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *