oleh

Sudah Dua Tahun Lokalisasi Kilo 10 Ditutup

TIMIKA – Aktivitas para pramuria di Kilometer 10 Kampung Kadun Jaya Distrik Wania masih ditutup hingga saat ini. Penutupan yang sudah dilakukan sejak Covid-19 ada di Kabupaten Mimika pada awal 2019 lalu ini terpaksa dilakukan guna menghindari penyebaran Covid 19.

Akibat dari tidak dibukanya aktivitas di Kilo 10 ini,  para PSK yang berjumlah 240 orang tengah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Untuk kebutuhan makan dan minum mereka masih ditanggung oleh setiap mucikarinya. Sementara beberapa PSK lainya terpaksa meninggalkan lokasi ini untuk menumpang hidup bersama keluarganya.

Kepala Kampung Kadun Jaya, Elias Yawa saat ditemui Radar Timika, Rabu (16/6) mengatakan sampai saat ini ada 240 orang PSK yang masih bertahan.  Namun, karena tidak beraktivitas, mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Dari masa pandemi tidak ada aktivitas yang berjalan sementara kami tutup. Harapan yang bisa memberikan makan dari mucikari mereka,” ujarnya.

Walaupun dalam masa sulit, namun Elias mengatakan perhatian dari pemerintah tetap ada. Ia mengungkapkan seperti yang selama ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

“Dinas Kesehatan masih tetap turun melakukan pemeriksaan untuk kesehatan warga kita di dalam. Setiap satu minggu dua kali pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pemberian vaksin Covid-19, sebut Elias hal ini belum dilakukan. Dan, untuk membuka kembali aktivitas tambahnya belum dipastikan karena ini juga tergantung keputusan dari pemerintah.

“Belum dipastikan kapan akan membuka kembali aktivitas mereka, ini keputusan ada di tangan pemerintah,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *