oleh

Pengganti Almarhum Klemen Tinal Diharapkan OAP

Forum Peduli PAW Wabup Papua Wilayah Adat Meepago

TIMIKA – Forum Peduli Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Papua, Klemen Tinal yang beberapa waktu lalu meninggal, mengharapkan bisa digantikan oleh tokoh Papua yang juga adalah orang Papua.

Noak Holombau dari Forum Peduli PAW Wabup Papua Wilayah Adat Meepago saat bertandang ke redaksi Gedung Biru Radar Timika, Jumat (18/6) kemarin bersama rekan-rekannya mengatakan, Papua butuh tokoh yang mampu dan memiliki rekam jejak baik dalam pemerintahan dan politik. Agar bisa menjadi penyeimbang pemerintahan dan penyeimbang iklim politik di Papua saat ini. Ketentuan menentukan figur PAW wakil gubernur Papua harusnya dipertimbangkan dengan baik logis dan realistis, bukan karena pertimbangan ambisi jabatan atau kepentingan keluarga atau kelompok kepentingan tertentu. Pertimbangan figur atau tokoh dalam menduduki posisi Wakil Gubernur harus dilihat berdasarkan rekam jejak kinerja yang baik dan mampu mendampingi Gubernur Papua saat ini.

Golkar sebutnya, mempunyai kesempatan yang besar untuk menentukan figur PAW Wakil Gubernur tersebut. Partai Golkar sebutnya harus sudah bisa melihat keberlajutan partai ini ke depan bukan menentukan PAW untuk kepentingan saat ini saja, tetapi juga melihat keputusan saat ini untuk mengorbitkan pemimpin perikutnya di musim pilkada tahun 2024 yang menghadirkan deretan figur–figur yang berkualitas yang bisa ditawarkan kepada rakyat untuk memilih pemimpin kesukaan rakyat. Pemikiran yang menyeluruh dalam mempersiapkan pengganti antar waktu Gubernur saat ini akan turut menentukan masa kejayaan Golkar pada masa Jhon Ibo yang mendominasi kursi DPRP.

Sehubungan posisi wakil gubernur yang kosong saat ini, lanjutnya ada deretan tokoh figur yang disebutkan diatas merupakan tokoh – tokoh yang bisa dijadikan sala satu figur yang sesuai dengan mekanisme penyeleksian pemimpin PAW. Di kalangan kalangan partai Golkar dikenal dahulu ada Jhon Ibo saat ini di Gerindra, Jhon Tabo saat ini ada di PDIP, Habel Melkias Swae yang telah ke Perindo, Ones Pahabol, Paskalis Kosay, Yoris Raweyai. “Mereka ini figur–figur Golkar yang bisa menjadi bahan pertimbagan dalam menentukan pengganti gubernur Papua yang saat ini dari Golkar,” sebutnya.

“Dari semua deretan tokoh yang disebutkan di atas berdasarkan pertimbangan kondisi Papua saat ini, pemimpin yang masih bebas tugas dan memiliki rekam jejak yang baik di masa kepemimpinnya adalah Ones Pahabol. Kapasitas dan kemampuannya dalam memimpin telah menunjukan beliau kader partai Golkar yang telah terbukti memimpin pemerintahan daerah di kabupaten Yahukimo dan mempunyai pengalaman memimpin partai di tingkat kabupaten dan provinsi Papua,” sambungnya.

Dengan demikian tambahnya, pengalamn DR Ones Pahabol yang pernah menduduki PLT DPD I Golkar Provinsi Papua dan pengalaman dalam berprestasinya di bindang pemerintah telah menunjukan beliau layak diorbitkan sebagai calon PAW Wakil Gubernur Provinsi Papua pengganti almarhum Klemen Tinal.

Hal tersebut juga didukung oleh Yusak Wandagau selaku Tokoh Masyarakat Meepago dan Hebel Jagani yang mewakili unsur mahasiswa. Menurut keduanya, sosok pengganti almarhum Klemen Tinal haruslah tokoh yang dekat dengan orang Papua dan juga merupakan orang Papua sendiri.

“Kami berharap tokoh pengganti almarhum Wagub adalah orang Papua,” imbuh Yusak. (ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *