oleh

Distanbun Persiapkan 31 Jenis Komoditi Pangan untuk PON dan Pesparawi

TIMIKA – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika mempersiapkan setidaknya 31 jenis komoditi pangan untuk agenda PON XX dan Pesparawi. Komoditi pangan ini baik yang terdiri dari beberapa jenis buah-buahan lokal hingga sayur mayur.

31 komoditi pangan ini merupakan hasil pertanian di beberapa Satuan Pemukiman (SP) di Timika. Untuk jenis komoditi buah-buahan lokal seperti buah merah, semangka, jambu kristal, pepaya california, pisang cavendis, pisang barangan, pisang raja, buah naga, melon, nanas, jeruk siamanis dan sirsak.

Untuk jenis sayur mayur seperti kol (kubis), sawi pakcoi, bayam, kangkung cabut, seledri, kemangi, daun bawang, labu siam, buncis, labu kuning, gambas, pare, tomat, cabai merah besar, cabai merah kecil, cabai keriting, terong, nangka muda dan mentimun.

Kepala Distanbun, Alice Irene Wanma, Selasa (22/6) mengatakan pihaknya sudah memasukan persiapan petani untuk memenuhi apa yang akan dibutuhkan oleh para atlet maupun tamu yang datang ke daerah ini. Diharapkan dengan dukungan para petani yang sudah dibina, maka  kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh para atlet maupun peserta yang mengikuti ajang Pesparawi di Timika nantinya bisa terpenuhi.

Selain buah-buahan dan sayur mayur lokal, pemerintah juga melengkapi kebutuhan asupan nutrisi untuk para tamu yang akan datang di Timika dari luar daerah. Sekitar 26 komiditi baik buah-buahan dan sayur mayur akan didatangkan dari luar seperti bawang merah, bawang putih, kentang, brokoli, bunga kol, paprika, asparagus, jamur, buah alpukat, buah kiwi, anggur, jeruk sunkist, apel, mangga, klengkeng, stroberry, duku, srikaya, rambutan dan aneka rempah-rempah. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *