oleh

Pegawai Bea Cukai Timika Dilatih Identifikasi Pita Cukai

TIMIKA – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean C Timika (KPPBC TMP C) Timika, mengadakan zoom meeting dalam rangka Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) terkait Identifikasi Pita Cukai 2021. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pemahaman pegawai, Bea Cukai Timika melaksanakan kegiatan P2KP via zoom yang dihadiri oleh seluruh pegawai Bea Cukai Timika.

Pembahasan P2KP diawali dengan memperkenalkan desain pita cukai tahun 2021 yang bertemakan biota laut, tema tersebut dipilih karena negara Indonesia merupakan negara maritim. Dengan warna dasar kertas yang kebiruan, pita cukai tahun 2021 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang mirip dengan fitur-fitur keamanan pada uang kertas, seperti hologram, serat microfiber, dan cetakan yang tajam di mana untuk menentukan keaslian pita cukai tersebut dapat menggunakan tiga cara yaitu secara kasat mata, dengan menggunakan kaca pembesar, dan juga menggunakan sinar uv untuk memunculkan fitur tersembunyi yang terdapat pada pita cukai tahun 2021.

Kepala Bea Cukai Timika, I Made Aryana mengatakan kegiatan PPKP terkait Identifikasi Pita Cukai 2021 diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) berpita cukai ilegal, Bea Cukai di berbagai daerah gelar sosialisasi terkait desain dan cara identifikasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut.

“Sesuai ketentuan, setiap tahun desain pita cukai selalu mengalami perubahan, demikian pula dengan teknik identifikasinya yang selalu berkembang,” jelasnya.

Untuk itu ia berharap masyarakat, instansi terkait dan setiap pegawai Bea Cukai dituntut untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan tugas pengawasan dan pelayanan. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *