oleh

TNI AL, Lanal Timika Laksanakan Gerai Vaksinasi untuk Masyarakat Persisir di Pomako

TIMIKA- TNI AL dalam hal ini Lanal Timika, terus mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Mimika.
Salah satunya dengan melaksanakan gerai vaksinasi terpadu kepada masyarakat di pesisir Pomako pada Rabu (21/7) kemarin di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako.

Pelaksanaan gerai vaksin terpadu itu tersenggara atas kerja sama Lanal Timika, Polsek KP3 Kawasan Pelabuhan Pomako, Koramil 1710-07/Mapurujaya, Sat Polairud Polres Mimika, Dinas Perikanan Kabupaten Mimika dan Puskesmas Mapurujaya.

Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Deni Indra M, SSos MTr Hanla MM dalam kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan gerai vaksin terpadu kepada masyarakat tersebut, untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19.

Serta untuk mendukung program pemerintah satu juta vaksin perhari, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia lebih khususnya di Kabupaten Mimika.

“Serbuan vaksinasi ini merupakan program pemerintah dan atas perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, SE MM untuk membantu menyukseskan program satu juta vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia,”tegasnya.

Kemudian Letkol Deni Indra juga berpesan kepada masyarakat yang telah melaksanakan vaksin, agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.
Sebab dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan, berarti masyarakat peduli terhadap dirinya, keluarganya, dan lingkungan sekitarnya.
“Selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena itulah senjata yang paling ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan ini. Dengan pelaksanaan program gerai vaksin terpadu ini, diharapkan mempercepat percapaian terhadap Herd Immunity. Sehingga program pemerintah ke depan dapat terwujud, dengan cepat menuju Indonesia yang bebas dari Covid-19,”ucap Danlanal.

Selanjutnya Danlanal juga menambahkan, pelaksanaan gerai vaksin terpadu itu mendapat dukungan penuh dari tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan medis dari Lanal Timika, serta tim medis dari Puskesmas Mapurujaya. dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Kemudian kata Letkol Deni Indra bahwa pelaksanaan gerai vaksin terpadu itu selain melayani masyarakat secara umum, juga melayani remaja dengan usia mulai dari 12 tahun hingga 18 tahun.

“Untuk usia 12 sampai 18 tahun juga sudah bisa dapatkan vaksin,”sambung Danlanal.

Pelaksanaan gerai vaksin terpadu yang dilaksanakan Lanal Timika itu, cukup mendapat respon yang positif dari masyarakat pesisir. Di mana ratusan masyarakat tampak mendatangi PPI Pomako guna mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sementara itu data dari Lanal Timika menyebutkan untuk jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin selama pelaksanaan gerai vaksin terpadu yang dilakukan Lanal Timika sendiri, yakni berjumlah 941 orang.

Selain pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan Lanal Timika di gerai vaksin terpadu di PPI Pomako, terdapat juga sejumlah gerai vaksin terpadu yang ada di beberapa titik di Kabupaten Mimika yakni gerai vaksin terpadu di Distrik Mimika Baru (Miru).

Kemudian gerai vaksin terpadu di Distrik Wania, gerai vaksin terpadu di Distrik Mimika Timur (Miktim), gerai vaksin terpadu di Bandara Mozes Kilangin, gerai vaksin terpadu di kantor Pelayanan Polres Mimika, gerai vaksin terpadu di Rumkitban Timika, dan gerai vaksin terpadu di Distrik Kuala Kencana.(tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *