oleh

Anggota Dewan Ajukan Pencabutan Kewajiban Surat Vaksin Sebagai Syarat Penerbangan

TIMIKA – Masyarakat khususnya yang akan menggunakan jasa angkutan penerbangan perintis ke pedalaman Papua, merasa diberatkan dengan peraturan mengenai kewajiban adanya surat vaksin sebagai syarat penerbangan. Dengan masih banyaknya masyarakat yang belum divaksin, anggota DPRD Mimika akan mengajukan permohonan agar surat vaksin ini tidak lagi dimasukan dalam persyaratan untuk pelayanan penerbangan ke wilayah pedalaman.

Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme kepada Radar Timika di Kantor DPRD, Kamis (29/7) mengatakan, atas dasar pertimbangan sulitnya masyarakat untuk mendapatkan jasa penerbangan pesawat ke pedalaman karena tidak mengantongi surat vaksin, maka pihaknya akan mengajukan permohonan kepada Satgas Covid-19 Mimika dalam rapat evaluasi pada 7 Agustus mendatang.

“Pemberian vaksin ini tidak bisa dipaksakan, maka saya sebagai wakil rakyat akan ajukan hal ini dalam rapat evaluasi Tim Satgas covid-19 agar syarat terbang ke pedalaman itu tidak harus ada surat vaksin,” ujar Aleks.
Politisi Partai Nasdem ini mengatakan, surat vaksin bisa tetap digunakan untuk persyaratan ke luar daerah. Namun, untuk perjalanan di dalam kabupaten ini ke daerah-daerah pegunungan yang juga ada di daerah ini, silahkan saja dengan surat keterangan anti gen dan swab.

Lanjutnya, jika tetap diisyaratkan untuk vaksin kepada semua masyarakat yang akan mendapatkan layanan penerbangan, maka ini sebutnya berarti dipaksakan. Padahal sesuai dengan yang diisyaratkan oleh Kemendagri jika pemberian vaksin ini tidak bisa dipaksakan kepada semua orang.

Kata Aleks, nantinya pemerintah dan Satgas Covid-19 harus bijak dalam mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat. Apalagi di tengah pandemi yang belum juga berakhir sampai saat ini perlu ada kebijakan yang tidak sampai memberatkan masyarakat.

“Dari pedalaman mau belanja ke kota dan sebaliknya mau ke kampung dengan menggunakan maskapai penerbangan subsidi atau pesawat perintis ini sekarang susah sekali karena tidak ada surat vaksin, jangan ada kegaduhan nantinya akibat dari masyarakat yang tidak bawa surat vaksin,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *