oleh

Jumlah Penerima BST Tahun 2021 di Mimika Turun Drastis

TIMIKA – Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Sosial terus berkomitmen untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Namun, Jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Tahun 2021 berkurang cukup banyak bila dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Petrus Yumte saat dijumpai Radar Timika, Rabu (28/7) di Kantor DPRD mengatakan, pengurangan jumlah penerima BST ini turun drastis dari 8000 penerima menjadi 6000 dan sampai di Tahun 2021 menjadi hanya 1600 penerima.

“Jumlahnya berkurang cukup banyak, berkurang dari 8000 menjadi 6000, menjadi 5000 sekarang menjadi 1600,” ujarnya.

Adanya pengurangan jumlah penerima BST ini adalah berdasarkan data dari Kementerian Sosial, sementara Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Sosial hanya melakukan monitoring.

Pertimbangan jumlah penerima BST ini turun sendiri kata Yumte, pihaknya juga belum mendapatkan informasi resmi dari Kementerian Sosial.

Pihaknya kata Yumte, sebenarnya telah mengusulkan jumlah penerima BST sesuai dengan data awal yakni 8000 ribu lebih. Walaupun sampai saat ini terjadi penurunan hingga 1600 penerima di Tahun 2021, namun pihaknya berharap agar penerima BST ini terus dapat diakomodir oleh pemerintah.

Adapun jumlah tunai yang diterima oleh setiap Kepala Keluarga (KK) adalah Rp 300 ribu per bulan, dan biasa diterima per semester yakni tiga bulan sekali. Untuk penyaluranya sendiri dilakukan di Kantor Pos Cabang Timika yang terus didampingi oleh Dinas Sosial.

“Penyaluranya di Kantor Pos, kami terus dampingi, saya beberapa hari lalu ada di sana,” jelasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *