oleh

Freeport Serahkan 50 Tabung Oksigen ke RSMM

TIMIKA – Sebagai bentuk dukungan untuk penananganan Covid 19 di Kabupaten Mimika, PT Freeport Indonesia menyerahkan 50 pengisian tabung oksigen Medis (oxigen medicene) kepada Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) di Mile 32 BR Warehouse Distribution Centre, Safety, Quality And Service Kuala Kencana, Jumat (30/7).

Penyerahan bantuan 50 tabung oksigen kepada RSMM dilakukan oleh Dani Hamdani selaku Perwakilan Supply Chain Manajemen PT Freeport Indonesia kepada Direktur RSMM dr Joni Rino Tandisau, SpB-BKD.

Semua proses penyerahan juga telah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Mimika oleh Government relationt PTFI . Dan penggunaan oksigen saat ini (dari pabrik oxygen PTFI) adalah batch kedua. Yangmana sebelumnya telah diserahkan 6 tabung pertama kepada pihak RSMM.

Dani mengatakan, pihaknya turut bangga karena bisa mendapatkan oksigen medis dari PT Freeport untuk RSMM. Ini sebutnya, sebagai bentuk komitmen PT Freeport berkonstribusi untuk penanganan Covid 19 di Mimika. Dalam penanganan oksigen medis ini sifatnya kemanusiaan, hal lain dikesampingkan. Ini kata Dani adalah yang utama.

“Oksigen Medis ini kami produksi di Gassplain PT Freeport, lokasinya di sini. Selama ini digunakan untuk produksi gas oksigen demi kebutuhan industri untuk area kerja, baik di pabrik maupun maintenance alat dan saat ini juga bisa untuk medical oxygen,” ujarnya.

Lanjut Dani, dalam pembuatan oksigen medis ini, tidak semudah membuat jus atau air kelapa, namun pembuatanya sangat complitaded, karena ada beberapa fungsi kontrol yang harus dilalui untuk bisa menghasilkan oksigen medis.

Dari Suppy Chain Management sebutnya, bertugas memastiman gas oksigen ini juga bisa memenuhi stok di Klinik Tembagapura dan bisa juga di Timika.

Freeport juga memastikan kelangsungan medical oxygen ini dengan memastikan bahan baku datang sesuai waktu dan spesifikasinya. Di mana, lokasi pembuatan gas di pabrik yang sudah tua, sehingga harus dipastikan suku cadang yang datang sesuai dengan waktunya, mulai dari pengapalan oleh KPI harus pastikan juga.

Dengan bantuan yang telah diberikan ini, sebut Dani, pihaknya sangat bangga karena sudah turut ambil bagian dalam penanganan Covid-19.

“Semoga bermanfaat bagi anak negeri di Kabupaten Mimika ini,” ungkapnya.
Mendapat bantuan pengisian tabung oksigen medis, dr Joni Rino Tandisau, SpB-BKD selaku Direktur RSMM mengatakan, kebutuhan akan tabung oksigen di RSMM sangat meningkat saat ini.

Di mana, kini digunakan 18 tabung per hari. Dengan adanya bantuan dari Freeport ini ia berharap tidak hanya berhenti saat ini saja namun bisa berlanjut lagi.

“Mudah-mudahan setelah ini tidak berhenti sampai saat ini saja, kami harapkan bisa berlanjut,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) selaku yayasan pengelola RSMM, Leonardus Tumuka mengatakan, melalui dukungan Freeport akan tabung gas ini, pihaknya sudah dapat menyelamatkan nyawa pasien yang terpapar Covid-19.

“Dengan adanya komunikasi positif yang dibangun oleh Freeport untuk pelayanan kesehatan ini prosesnya sudah menghasilkan buah dan nyawa saudara kita yang sakit bisa terselamatkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Leonardus meminta semua pihak tetap menerapkan Prokes dan berharap adanya ketersediaan tabung oksigen ini justru membuat lengah, namun harus pastikan untuk tetap sehat dengan sama-sama menjaga Prokes.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Freeport dan komunikasi yang baik oleh pemerintah, semoga kita bisa menyelamatkan lebih banyak lagi nyawa,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *