oleh

Kantor Dukcapil Tutup Sementara, Layanan Secara Online

TIMIKA – Menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021 dan Keputusan Bupati Mimika tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, maka beberapa layanan pemerintah juga mulai dibatasi. Salah satunya layanan administrasi kependudukan.

Di masa PPKM level 4, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika menutup sementara layanan di loket terhitung mulai 2 – 14 Agustus 2021, mengingat kasus Covid-19 yang terus meningkat di Mimika. Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo kepada Radar Timika, Minggu (1/8).

Meski layanan di loket ditutup, namun Disdukcapil Mimika tetap memberikan pelayanan secara online melalui layanan Orlando dan Si Lincah Dukcapil seperti yang selama ini sudah dijalankan.

Masyarakat dapat dengan mudah cukup chat melalui WA yakni 081369824244 untuk Orlando dan 081222299266 untuk Layanan Pengantaran Dokumen Adminduk atau Si Lincah.

Slamet mengatakan, pengajuan disampaikan selama jam kerja dengan melampirkan persyaratan administrasi secara lengkap. “Setelah itu maka selanjutnya kami akan memproses dan mengirimkan dokumen adminduk yang sudah jadi melalui email atau PDF ke nomor HPnya, sehingga masyarakat dapat mencetak secara mandiri di rumah,” katanya.

Dokumen yang bisa dilayani secara online yakni Kartu Keluarga, akte kelahiran, akte kematian, surat pindah dan dokumen adminduk lainnya, kecuali e-KTP dan Kartu Identitas Anak. “Atau kami juga akan mengirimkan secara langsung door to door ke alamat tujuan penduduk yang mengurus Adminduk,” ujar Slamet.

Pelayanan secara online ini juga berdasarkan Permendagri 7 Tahun 2019, serta sebagai upaya membantu mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Mimika dan sebagai implementasi Mimika Smart City. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *