oleh

Pemda Mimika Mulai Bangun Stadion Berstandar FIFA pada tahun Depan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH menunjukkan gambar desain stadion sepakbola berstandar FIFA yang pembangunannya akan dimulai pada tahun depan. Selviani bu’tu/radar timika

 

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika membangun venue olahraga tidak hanya untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pelaksanaannya sekali dalam empat tahun. Tapi melihat potensi sumber daya manusia Mimika di bidang olahraga maka Pemda Mimika bakal membangun stadion sepakbola berstandar FIFA.

Desain sudah dirampungkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bersama konsultan perencana. Untuk membangun stadion kapasitas 35 ribu penonton itu ditaksir membutuhkan anggaran sekitar Rp 1,8 triliun. Adanya program kegiatan yang lebih diprioritaskan maka pembangunan belum dimulai.

Rencana pembangunan stadion ini sudah beberapa kali dirapatkan oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH. Terakhir, Senin (2/8) di Hotel Grand Mozza bersama beberapa OPD teknis dan perwakilan PT Freeport Indonesia.

Bupati Omaleng yang ditemui usai pertemuan mengatakan, stadion yang akan dibangun lebih megah dari stadion yang ada di Jayapura. Anggaran untuk pembangunan akan bersumber dari dividen sebesar 2,5 persen yang merupakan hak Pemda Mimika sebagai daerah penghasil tambang yang dioperasikan PT Freeport Indonesia.

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap, mulai Tahun 2022 mendatang dengan target selesai dalam dalam dua tahun. “Kita diskusi dengan PTFI, mereka akan sampaikan kepada pimpinan. Jadi bukan kami pinjam dari mana-mana tapi kita mau menjaminkan kita punya anggaran yang bersumber dari hak dividen. Dividen baru dibayarkan akhir tahun tapi kita mau ambil duluan untuk pembangunan stadion,” jelasnya.

Lokasi yang direncanakan menjadi tempat pembangunan stadion sudah ditimbun dan ditata. Lokasinya berada di Jalan Poros SP 5 seluas 50 hektar yang akan digunakan sebagai venue aeromodeling pada saat PON. Setelah PON akan dijadikan tempat pembangunan stadion dan venue olahraga lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *