oleh

Usul PON Ditunda, Bupati Tetap Tunggu Keputusan Presiden

TIMIKA – Sesuai jadwal, pelaksanaan PON XX Tahun 2021 tinggal menghitung hari. Tapi melihat kondisi pandemi yang tidak kunjung mereda, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH sebagai Ketua Sub PB PON Mimika mengusulkan adanya penundaan pelaksanaan.

Bupati Omaleng yang ditemui di Hotel Grand Mozza, Senin (2/8) mengatakan, ia sudah menyurati Presiden Joko Widodo. Ia mengusulkan agar Presiden mempertimbangkan penundaan PON karena kondisi wabah virus corona di Indonesia dan juga Mimika. “Kita tunggu jawaban dari Presiden. Kita tidak bisa bilang tunda karena ini kegiatan nasional,” katanya.

Tapi sebagai salah satu tuan rumah, Bupati Mimika juga bertanggungjawab dengan berbagai kemungkinan melihat kondisi yang terjadi. Dimana Covid-19 di Mimika saat ini kian mengganas. Setiap hari sedikitnya 5 warga Mimika meninggal karena Covid-19.

“Bagaimana jika PON tetap jalan. Sementara negara besar dan canggih seperti Jepang itu saja mereka gelar Olimpiade, kasus juga naik. Apalagi kita yang tidak punya apa-apa di sini,” ujarnya.

Ia mengakui, Mimika masih memiliki banyak keterbatasan sumber daya terutama di bidang kesehatan. Alat kesehatan, obat dan oksigen masih sangat terbatas. Dikhawatirkan jika PON tetap terlaksana maka, kebutuhan pasti akan meningkat. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *