Cara Menggunakan HandBrake

cara menggunakan handbrake video converter|cara menggunakan handbrake yang benar|cara menggunakan handbrake mobil yang benar|cara menggunakan handbrake 32 bit|cara memperkecil ukuran video menggunakan handbrake|setting handbrake|cara menggunakan vidcoder|cara kompres video dengan handbrake|fungsi handbrake aplikasi|cara kompres video tanpa mengurangi kualitas di pc|cara mengubah format video dengan handbrake|cara meningkatkan kualitas video dengan handbrake|aplikasi handbrake

Cara Menggunakan HandBrake – Memiliki banyak koleksi video bagus untuk kami. Baik itu video keluarga, video untuk teman, atau video perpisahan. Tetapi apakah menurut Anda ukuran video terlalu besar? Katakanlah Anda memiliki video berdurasi 30 menit atau lebih dalam resolusi Full HD, ukurannya bisa sampai gigabyte.

Sekarang mari kita mulai berbicara tentang Aplikasi Kompres Video PC. Saya telah merangkum bahwa setidaknya ada 10 versi aplikasi kompresi video YukTekno yang dapat saya rekomendasikan untuk Anda, salah satunya adalah HandBrake.

Cara Menggunakan HandBrake
Cara Menggunakan HandBrake

Apa itu HandBrake? Sederhananya, HandBrake adalah aplikasi open source gratis yang memungkinkan kita untuk mengurangi ukuran video di komputer dan laptop. Adapun beberapa fungsi dari rem parkir itu sendiri, yaitu:

Preset rem parkir bawaan. Artinya kita mendapatkan setting rekomendasi dari HandBrake. Itu sangat mudah bagi kami.
Mendukung codec video H.264 (x264), H.265 (x265) dan banyak lagi.
Kompres beberapa video sekaligus.
Menarik, bukan? Saya selalu menggunakan aplikasi HandBrake ini untuk mempercepat pekerjaan saya. Jadi bagaimana Anda menggunakan rem parkir sendiri? tenang, otodidak.

Apakah Anda sudah tahu cara mengompres video online?

 

Cara menggunakan HandBrake untuk mengompres video

Tentu saja, Anda membutuhkan HandBrake terlebih dahulu. Jika Anda tidak memilikinya, unduh HandBrake [GRATIS].

1. Cara mengompres video tanpa mengurangi kualitas menggunakan HandBrake
Jika demikian, mari kita lanjutkan ke tutorial. Ya, saya yakin Anda tahu cara memasang HandBrake. Pada prinsipnya ini sama dengan menginstal aplikasi yang sering kita gunakan.

Langkah pertama buka rem parkir yang sudah terpasang. Kemudian seret file video ke HandBrake.
Cara menggunakan rem tangan untuk mengompres video
Buka tab Ringkasan dan ubah ke format yang diinginkan (MP4 atau MKV). Pastikan untuk melihat Web Dioptimalkan untuk membuatnya lebih baik saat diunggah ke platform web. Oh ya, preset dengan standar juga bagus.

1. Cara Kompres Video di PC Laptop Menggunakan HandBrake

Lalu pergi ke tab Dimensi.
Sesuaikan ukuran video dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak menginginkan perubahan apa pun, biarkan sebagai default. Bagian Pangkas juga menyesuaikan dengan preferensi Anda jika Anda ingin memotong. Jika tidak, inilah produk baru untuk Anda!
Cara mengecilkan ukuran video menggunakan rem tangan
Lalu pergi ke tab Video. Di bagian Video Codec, pilih codec H.264 (x264). a Framerate (FPS) pilih Same as Source untuk menjaga gerakan video tetap konsisten dengan sumber video sebelumnya. Tapi disini saya pilih 30. (hanya disesuaikan dengan kebutuhan anda)
Dan kualitasnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Semakin tinggi semakin baik kualitasnya. Saran saya ada di tengah.

2. Cara mengompres video di PC

Kemudian klik Browse untuk menemukan folder video terkompresi. Pada langkah terakhir, klik Start Encode untuk memulai proses kompresi video. Dan tunggu sampai dia siap.
Cara mengompres video menggunakan HandBrake
Apakah Anda sudah mengetahui aplikasi untuk mengedit foto di PC dan laptop?

2. Cara mengompres beberapa video sekaligus menggunakan HandBrake
HandBrake juga memiliki fitur Batch Scan. Yang berarti kami dapat mengompres beberapa video sekaligus. Jadi jangan saling mengatur. Prosedurnya sederhana.

Pertama, kumpulkan video Anda ke dalam folder yang akan kami kompres nanti.
Kemudian buka rem parkir. Pada halaman pertama, pilih Peta (Batch Scan) di sebelah kiri.
Kemudian cari folder tadi dan pilih Select Folder.
Dien. ini tidak mudah?
Kompres beberapa video dengan rem parkir
Apa yang Anda gunakan untuk merekam layar Anda? Saya punya rekomendasi aplikasi Screen Recorder di PC.

3. Tingkatkan kualitas video dengan Handbrake

Mengapa Anda meningkatkan kualitas video? tenang. Di sini kami mengompres video dan sekaligus meningkatkan kualitas video itu sendiri. Jadi kualitas nya tidak turun. Menarik kan?

Sebelum anda melanjutkan cara disini. Sebaiknya anda mengikuti Cara nomor 1 terlebih dahulu agar tutorial nya menjadi sinkron.
Nah jika sudah, maka di bagian tab Video silahkan anda ubah Framerate ke 60 FPS. Dan pilih Constant Framerate, ini berfungsi agar FPS nya tidak naik turun, jadi pergerakan video menjadi mulus dari durasi awal hingga akhir.
Jika hasil nya masih kurang bagus, anda bisa meningkatkan Constant Quality nya menjadi lebih tinggi.
Cara Meningkatkan kualitas video dengan HandBrake
Yang saya rasakan pada 60 FPS tentu pergerakan video menjadi sangat mulus sehingga sangat memanjakan mata. Berikut saya lampirkan juga hasil sebelum kompres dan sesudah kompres.

Sebelum kompres video dan sesudah kompres video
Berkurang sekitar 60 MB, lumayan bukan? Kesimpulan
Berikut adalah 3 cara menggunakan HandBrake untuk mengompresi video. Saya mencoba semua metode ini sebelum saya menulis artikel ini. Jadi bisa dipastikan cara ini akan berhasil jika Anda mencoba langkah-langkah di atas dengan cermat. Jika Anda bingung dan memiliki pertanyaan, tulis dan komentar di bawah. Saya harap ini membantu Anda dan sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.