Cara Menghapus Cache di Laptop

cara menghapus cache di laptop|cara menghapus cache di laptop windows 7|cara menghapus cache di laptop windows 10|cara menghapus cache di laptop windows 11|cara menghapus cache di laptop windows 8|cara menghapus cache di laptop hp|cara menghapus cache di laptop lenovo|cara menghapus cache di laptop menggunakan cmd|cara menghapus cache di laptop temp

Cara Menghapus Cache di Laptop
Cara Menghapus Cache di Laptop

Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop dan PC? Apakah menghapus cache itu penting? Semua akan kita bahas pada artikel yang saya buat ini.

Pada dasarnya, cache terdapat pada beberapa perangkat/device. Seperti Smartphone, komputer, dan laptop. Nah yang akan kita bahas disini adalah pada perangkat laptop dan PC.

Cache disini berfungsi agar perangkat kita terbuka lebih cepat pada akses yang kedua kalinya. Nah sifat dari cache ini adalah penyimpanan sementara yang tersimpan pada perangkat yang kita gunakan.

Jadi terkadang, cache tersebut akan membengkak seiring dengan berjalan nya waktu. Itulah salah satu alasan mengapa penyimpanan/storage kita berkurang dengan sangat cepat.

Nah, membersihkan cache sendiri juga tidak ada salah nya kok. Bahkan banyak pakar teknologi yang juga menyarankan untuk menghapus cache.

Untuk informasi lebih lengkap seputar cache anda dapat membaca pada situs Wikipedia ini.

Cara Menghapus Cache di Laptop PC yang sudah Menumpuk

Cara Menghapus Cache di Laptop
Cara Menghapus Cache di Laptop

Oh iya, untuk catatan awal. Disini saya menggunakan sistem operasi Windows 10. Untuk pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 tidak ada bedanya kok. Jadi, silahkan di ikuti ya.

1. Disk Cleanup

Disk cleanup adalah fitur bawaan windows yang sudah disediakan sejak penginstallan awal windows. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menghapus sampah menumpuk yang sudah tidak berguna. Jadi, dengan cara ini sangat mudah dilakukan. Tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga lagi. Silahkan diikuti.

  1. Pertama, buka My Computer atau This PC (saya yakin anda tahu ini).
  2. Klik kanan pada Drive tempat penginstallan windows anda. Biasanya di Drive C.
  3. Pilih Properties.
  4. Akan muncul jendela baru. Pilih Disk Cleanup seperti gambar dibawah ini.
  5. Klik Clean up system files.
  6. Tunggu sebentar hingga windows selesai melakukan proses scanning.
  7. Akan muncul file-file yang dapat kita hapus. Biarkan secara default saja yang sudah tercentang.
  8. Dengan fitur ini, anda juga dapat menghapus windows.old. Jika anda baru saja menginstall ulang windows. Maka akan muncul previous windows installation. Anda bisa centang itu.
  9. Kemudian centang juga delivery optimization files. Itu adalah cache lokal yang biasanya muncul karena download an dari windows store ataupun windows update. Microsoft juga menyarankan untuk menghapus delivery optimization files agar storage lebih luas.
  10. Terakhir, klik OK.
  11. Tunggu prosesnya hingga selesai. Lalu restart PC anda agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

2. Menggunakan Fitur Temp

Dari nama nya saja kita sudah tahu bahwa Temp itu artinya sementara. Jadi disini kita akan menghapus file temporary yang sudah menumpuk pada sistem kita. Dijamin penyimpanan menjadi lebih lega.

  1. Pertama, kita akan menggunakan bantuan fitur Run dari windows.
  2. Pada windows search, ketikkan “Run” (tanpa tanda petik). Atau bisa menggunakan shortcut di keyboard yaitu Logo Windows + R.
  3. Jika sudah muncul kotak run tersebut. Maka ketikkan Temp lalu klik OK atau enter dengan keyboard.
  4. Akan muncul folder Temp yang dimaksud tadi.
  5. Disana akan bermunculan file-file cache yang sudah menumpuk dari hari ke hari.
  6. Blok semua file dengan cara menekan shortcut di keyboard yaitu CTRL + A lalu tekan Delete pada keyboard. Atau klik kanan > Delete.
  7. Kembali lagi ke Run tadi. Ketikkan %Temp% lalu Enter.
  8. Lakukan hal yang sama dengan menghapus seluruh folder dan file.
  9. Terakhir, restart PC anda agar lebih optimal hasilnya.

3. CCleaner

Siapa yang tidak tahu CCleaner? ya aplikasi ini biasanya sangat wajib berada di PC kita. Jujur saja, saya juga sering menggunakan CCleaner ini untuk menghapus cache yang menumpuk.

Selain menghapus cache, CCleaner ini juga bisa menghapus registry yang sudah tidak digunakan lagi.

Cache yang melekat pada browser juga di libas habis menggunakan CCleaner ini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan aplikasi ini. Yuk langsung saja dicoba.

  1. Jika anda belum mempunyai CCleaner, silahkan download terlebih dahulu di situs resminya. Pilih yang gratis saja tidak apa-apa.
  2. Apabila sudah terdownload, sekarang buka aplikasi nya.
  3. Pilih pada tab Custom Clean.
  4. Kemudian klik Analyze.
  5. Tunggu sebentar hingga proses analisa selesai.
  6. Lalu klik Run Cleaner untuk memulai proses penghapusan cache.
  7. Oh iya, saya sarankan untuk anda menghapus registry juga. Masuk ke tab Registry Scan for issues.
  8. Lalu klik Fix selected Issues, jika ada konfirmasi untuk backup registry maka pilih Yes.
  9. Selanjutnya klik Fix issues lagi.
  10. Terakhir, restart Laptop anda untuk mendapatkan hasil yang efektif.

4. Cara Menghapus Cache Google Chrome

Sebenarnya, menggunakan CCleaner tadi juga sekaligus akan menghapus cache di google chrome. Tapi disini kita juga bisa menghapus secara manual melalui menu settings di google chrome loh. Jadi banyak sekali alternatif nya. Silahkan dicoba.

  1. Pertama, buka Browser Google Chrome anda.
  2. Di pojok kanan atas, klik Icon 3 titik sejajar tersebut.
  3. Kemudian pilih Settings.
  4. Di bagian kiri, klik menu Privacy and Security > Clear Browsing Data. Untuk yang berbahasa indonesia, silahkan menyesuaikan saja ya.
  5. Klik Clear Data.
  6. Restart Laptop/PC anda agar hasil nya lebih bagus.

5. Cara Membersihkan Cache Mozilla Firefox

Sama seperti google chrome. Mozilla adalah salah satu browser populer yang sering digunakan. Nah disini saya juga akan memberikan tutorial menghapus cache dengan manual melalui browser nya.

  1. Buka browser mozilla anda.
  2. Di ujung kanan atas, Pilih Icon 3 garis yang sejajar.
  3. Akan muncul jendela baru.
  4. Klik tab Privacy and security, lalu scroll ke bawah pilih Clear Data…
  5. Biarkan yang tercentang secara default. Kemudian pilih Clear.
  6. Restart laptop anda.

Apakah Menghapus Cache dapat Mempercepat Laptop?

Bisa iya bisa tidak. Menghapus cache disini fungsinya agar file-file temporary tidak menumpuk. Jika dibiarin semakin lama, maka akan membengkak sampai bergiga-giga.

Malah pada kasus tertentu, menghapus cache akan memperlambat pada saat kegiatan browsing. Karena browser harus memuat cache nya lagi. Jadi, pada akses atau kunjungan ke website yang kedua kali nya akan normal kembali.

Nah, jadi menghapus cache tidak mempengaruhi kinerja laptop ataupun PC secara menyeluruh. Performa PC/Laptop bergantung pada spesifikasi yang digunakan.

Penutup

Nah demikianlah dari Cara Menghapus Cache di Laptop dan PC. Mulai sekarang anda sudah tahu cara membersihkan cache hingga bersih. Sangat mudah bukan? Semoga dengan adanya artikel ini anda juga dapat membantu teman anda yang masih tidak tahu untuk membersihkan cache di laptop ya. Oh iya, lakukan hal ini secara rutin minimal satu minggu sekali agar size cache tidak bengkak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.