Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC

cara menjadikan android sebagai monitor komputer|cara membuat android sebagai monitor kedua pada laptop|idisplay|android jadi monitor receiver|membuat monitor dari lcd hp|tablet jadi monitor pc|aplikasi selain spacedesk|hp android jadi monitor tv|cara membuat tablet jadi monitor dvd|cara menjadikan android sebagai proyektor

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC
Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC

RadarTimikaOnline – Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC. Menggunakan perangkat komputer dengan lebih dari satu monitor memang bisa dikatakan sangat keren. Terlebih lagi jika cara seperti ini digunakan untuk gaming, tentunya akan menambah keseruan dalam bermain game. Selain bermain game, menggunakan dua monitor juga terasa cukup menyenangkan saat digunakan untuk mengerjakan tugas sembari menonton film.

Buat Anda pengguna laptop atau komputer Windows, menggunakan lebih dari satu monitor memang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, hal yang menjadi kendala disini adalah harga monitor komputer itu sendiri yang dibanderol cukup mahal dan hal ini sudah pasti akan menguras budget Anda. Tetapi jangan menyerah dulu, karena Anda dapat menggunakan smartphone atau tablet Android untuk menjadi monitor kedua.

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC
Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC

Lantas bagaimana caranya? Untuk melakukan hal ini, Terlebih dahulu Anda harus mengetahui trik dan Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC. Tutorialnya tentu tidak terlalu sulit, karena Anda akan dipermudah dengan software tambahan yang harus Anda install. Menariknya lagi software tersebut dapat Anda unduh dengan gratis.

Nah, dengan menjadikan perangkat Android Anda sebagai monitor tambahan pada komputer, tentunya akan mempermudah aktivitas komputasi Anda. Bahkan untuk mengerjakan tugas akan terasa lebih cepat selesai. Penasaran bukan dengan Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC? Untuk itu simak Langkah-langkahnya berikut ini.

Loading…

Download Aplikasi Spacedesk (Remote Display)

Untuk mempermudah dalam melakukan tutorial Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC, disnini kita akan menggunakan aplikasi Spacedesk (Remote Display), install aplikasi ini pada komputer dan perangkat Android Anda. Setelah itu ikuti langkah langkahnya sebagai berikut:

Download: Spacedesk (Remote Display) for Windows
Download: Spacedesk (Remote Display) for Android

Tutorial Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC

Menjadikan Android Sebagai Monitor
Menjadikan Android Sebagai Monitor
  • Jika Anda sudah mendownload dan menginstall aplikasi tersebut, selanjutnya restart komputer Anda.
  • Jika sudah, kemudian hubungkan komputer dengan perangkat Android Anda menggunakan koneksi WiFi. Karena untuk menghubungkan kita membutuhkan jaringan yang sama.
  • Setelah itu buka aplikasi Spacedesk di Android Anda. Lalu masukan IP komputer Anda
  • Untuk mengetahui IP komputer Anda, silahkan buka CMD (tekan Windows + R >> ketik CMD >> Enter). Selanjutnya ketik “ipconfig” lalu Enter maka IP komputer Anda dapat terlihat.
  • Input IP komputer Anda tersebut pada aplikasi, kemudian tab connect

Cukup mudah kan Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC? Sekarang Anda sudah bisa menggunakan Android sebagai monitor kedua laptop atau PC Anda. Menariknya lagi, Anda juga dapat menggeser jendela program Anda ke monitor lainnya dengan melakukan drag & drop.

Baca Juga:  Cara Menghapus Tag Foto di Instagram Dengan Mudah

 

Namun untuk memastikan hal ini dapat bekerja dengan lancar silahkan melakukan pengaturan dengan cara klik kanan pada desktop lalu pilih screen solution. Setelah itu Anda akan melihat dua monitor yang sedang aktif.

Selanjutnya silahkan sesuaikan resolusi monitor Anda. Hal yang perlu Anda ketahui disini adalah bahwa monitor pertama adalah milik komputer Anda sedangkan untuk menitor kedua adalah Android Anda. Jadi jika Anda menggunakan hp Android silahkan sesuaikan resolusi ke ukuran 1.280 × 1.024 agar lebih nyaman.

Opsi Pengaturan Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor

Selain itu ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menyesuaikan kebutuhan Anda dalam melakukan Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC, yakni:

  • Duplicate these display: Pada kedua monitor akan memperlihatkan tampilan yang sama. Dengan kata lain apa yang ada di monitor satu juga ditampilkan pada monitor dua.
  • Extend these display: Untuk opsi ini dapat memperlihatkan tampilan yang berbeda pada dua monitor, sehingga untuk opsi ini akan memungkinkan Anda bekerja sembari menonton film
  • Show desktop only 1: Sementara untuk opsi ini, desktop hanya akan tampil pada monitor 1. dan untuk monitor dua tidak.
  • Show desktop only 2: Opsi ini adalah kebalikan dari sebelumnya, dimana desktop hanya akan tampil pada monitor 2 sementara untuk monitor satu tidak.

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC pastinya akan sangat efektif bagi Anda yang membutuhkan monitor tambahan dalam mengerjakan tugas menggunakan PC, tetapi tidak memiliki dana untuk membeli monitor komputer yang dibanderol dengan harga mahal.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Kedua Laptop/PC. Sayangnya aplikasi spacedesk sendiri masih berstatus beta, sehingga harap dimaklumi jika masih terdapat bug. Dan semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.