2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone

nfc asus zenfone max pro m2|asus zenfone 2 nfc|cara mengaktifkan fitur nfc|zenfone 3 nfc|cara menggunakan nfc|asus zenfone 5 nfc|cara menggunakan nfc samsung|cara mengaktifkan nfc di vivo y12

2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone
2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone

RadarTimikaOnline – 2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone. Terdapat banyak cara yang digunakan untuk berbagi file data seperti foto, video, musik, kontak maupun aplikasi. Namun kebanyakan pengguna smartphone khususnya Android lebih memilih menggunakan Wi-Fi direct melalui perantara aplikasi SHAREit yang memang dirasa lebih mudah digunakan.

Selain menggunakan aplikasi SHAREit, jika ingin melakukan transfer file biasanya pengguna lebih memilih fitur Bluetooth. Akan tetapi tahukah kamu, fitur NFC yang terdapat pada hp Android Asus Zenfone Kamu juga dapat digunakan untuk berbagi file? Nah pastinya kamu akan bertanya-tanya bagaimanakah caranya?

Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone

2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone
2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone

Sebelum kita membahas lebih rinci mengenai cara mengaktifkan dan menggunakan NFC Asus Zenfone, apakah Kamu tahu apa itu NFC dan bagaimana cara kerjanya? NFC atau Near field communication saat ini merupakan stadar baru dalam transmisi nirkable.

Dengan menggunakan teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID) melalui induksi elektromagnetik, NFC dapat digunakan untuk mentransfer informasi dari smartphone satu ke smartphone yang lain. RFID sendiri merupakan teknologi yang membuat fitur NFC dapat bekerja dengan cara mendorong arus listrik dari komponen NFC aktif ke perangkat pasif dengan jarak maksimal 10 cm.

Loading…

Ini artinya fitur NFC pada smartphone tidak memerlukan catu daya eksternal untuk bekerja. Akan tetapi NFC juga tidak bisa digunakan untuk mengisi daya baterai sebuah perangkat. Karena memang fitur ini tidak memerintahkan induktansi yang cukup untuk digunakan mengisi daya. Namun NFC dapat digunakan untuk mentransfer file secara nirkabel.

Tak cuma itu saja, Fitur NFC ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran melalui sistem pembayaran tanpa kontak NFC seperti halnya Android Pay, Happy Plus, Beep dan lain sebagainya. Nah, cukup banyak bukan manfaat dari fitur NFC ini? Buat kamu yang penasaran dengan Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone ini simak saja ulasannya berikut ini.

Cara Mengaktifkan NFC di Hp Asus Zenfone

  • Pertama Kamu harus pastikan dahulu bahwa smartphone Asus Zenfone kamu sudah dibekali dengan fitur NFC, caranya lihat spesifikasi pada kotaknya.
  • Jika Hp kamu memang mengusung fitur tersebut, selanjutnya buka menu Setting atau Pengaturan
  • Setelah itu Pilih Lainnya atau More
  • Kemudian pada pilihan NFC silahkan geser tombol hingga dalam keadaan aktif.

Apabila kamu ingin berbagi atau melakukan transfer file menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu perangkat pengirim dan menerima tidak dalam keadaan terkuncu atau mode sleep. Disamping itu fitur NFC dan Android Beam juga harus dalam keadaan aktif. Dan untuk cara mengaktifkan Android Beam adalah sebagai berikut.

  • Silahkan buka menu Setting pada smartphone Asus kamu
  • Kemudian silahkan pilih Lainnya atau More
  • Jika sudah pada pilihan Android Beam silahkan geser tombol ke mode aktif.

Baca Juga:

Cara Menggunakan NFC di Hp Asus Zenfone

  • Pertama silahkan kamu buka layar smartphone yang berisi sesuatu yang ingin Kamu bagikan misalnya foto, video, situs website dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya posisikan smartphone Asus Zenfone pengirim maupun penerima sama-sama membelakangi
  • Apabila perangkat berhasil terhubung satu sama lainnya, maka akan terdengan bunyi notifikasi atau getaran. Selanjutnya gambar pada layar akan berubah menjadi kecil
  • Apabila terdapat pesan “Sentuh” pada layar smartphone, maka silahkan sentuh layar ponsel pintar Anda agar proses transfer dimulai
  • Di saat proses transfer sedang berlangsung maka pada layar akan terlihat pemberitahuan yang menampilkan “Beaming…..“. Setelah itu jika proses transfer sudah selesai maka akan terdapat tulisan “Beam Complete

 

Nah, cukup mudah bukan untuk melakukan transfer file menggunakan fitur NFC. Kamu cukup membuka File Meneger dan sentuh ikon Share. Kemudian pilih Android Beam, Lalu jika Prompt yang meminta untuk menyadapkan smartphone dengan posisi saling membelakangi sudah muncul, Kamu cukup melakukannya sesuai instruksi. Dan jangan lupa saat akan melakukan transfer silahkan lepas dahulu case atau pelindung smartphone Asus Zenfone Kamu.

Demikianlah tadi pembahasan singkat mengenai 2 Cara Mudah Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone. Mudah-mudahan informasi dari tim Radar Timika dapat bermanfaat untuk Anda semuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.