BAHAYA Penyakit HIV Dapat Mematikan, Bagaimanakah Cara Penularan HIV?

bagaimana cara penularan hiv-aids jelaskan pula cara pencegahan agar tidak tertular hiv-aids|bagaimana cara penularan hiv atau aids jelaskan pula cara pencegahan|bagaimanakah cara penularan |hiv adalah|hiv merupakan kepanjangan dari|hiv aids|hiv singkatan dari|hiv aids adalah|hiv sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian karena|hiv aids tergolong penyakit|hiv disebabkan oleh|hiv positif|hiv atau aids

BAHAYA Penyakit HIV Dapat Mematikan, Bagaimanakah Cara Penularan HIV?

RadarTimikaOnline РHallo teman-teman kembali lagi bersama admin yang akan membagikan kabar atau berita terbaru, yang sedang viral dan tranding pada saat ini. Simak terus artikel ini hingga selesai, dengan judul BAHAYA Penyakit HIV Dapat Mematikan, Bagaimanakah Cara Penularan HIV?

Human immunodeficiency virus (HIV) adalah penyakit virus yang dapat ditularkan dari orang ke orang.

Penyebab penularannya pun beragam, mulai dari hubungan seksual hingga penularan dari ibu ke anak. Namun, sebelum mempelajari lebih lanjut tentang penularan HIV, akan sangat membantu untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu HIV.

Virus yang ditemukan pada tahun 1986 ini, diklasifikasikan sebagai virus yang sangat berbahaya. Menurut Mohamad Rochiman dalam Modul Pendidikan SMA PJOK, HIV adalah virus yang menyerang sel darah putih manusia.

Sel darah putih adalah sel yang berfungsi untuk menciptakan kekebalan tubuh. Sel-sel ini melindungi tubuh manusia dari serangan bakteri dan kuman.

BAHAYA Penyakit HIV Dapat Mematikan, Bagaimanakah Cara Penularan HIV?

BAHAYA Penyakit HIV Dapat Mematikan, Bagaimanakah Cara Penularan HIV?
BAHAYA Penyakit HIV Dapat Mematikan, Bagaimanakah Cara Penularan HIV?

Ketika sel darah putih diserang oleh HIV, sistem kekebalan tubuh seseorang terganggu. Hal ini membuat orang dengan HIV rentan tertular penyakit berbahaya, bahkan menyebabkan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS).

AIDS sendiri adalah sekumpulan gejala penyakit akibat berkurangnya sistem kekebalan tubuh seseorang karena HIV. Proses HIV menyerang tubuh manusia HIV sendiri merupakan virus yang sangat sulit dilawan oleh sel darah putih.

Selain itu, menurut Sumarioto dan Sonia Nopembri dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, HIV menyerang sel darah putih yang disebut CD4.

CD4 adalah sel yang mengontrol sistem kekebalan tubuh manusia. Sel-sel ini memiliki kemampuan yang baik untuk mengikat sel lain.

Sel CD4 ini adalah target HIV ketika menginfeksi tubuh. Lebih buruk lagi, HIV membuat sel CD4 berkembang biak. HIV pertama kali memasuki tubuh dan menyamar sebagai CD4.

Kemudian HIV akan menembus molekul reseptor CD4 sehingga virus dapat masuk ke dalam sel CD4. Begitu masuk, HIV akan mengambil alih genetika sel CD4 dan menggunakannya sebagai tempat berkembang biak.

Akibatnya, HIV menyebar secara massal dan menjadi tidak terkendali. Kondisi ini menyebabkan lebih banyak sel CD4 mati karena tidak dapat melawan HIV. Bahkan, semakin banyak sel CD4 yang mati, semakin banyak HIV yang akan diproduksi, akhirnya terjadi defisiensi sel kekebalan dalam tubuh, yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk melawan kuman dan bakteri.

Inilah sebabnya mengapa penyakit yang tergolong ringan, seperti flu, bisa sangat berbahaya bagi penderita HIV. Ini karena tubuhnya tidak memiliki kekebalan yang cukup dan tidak dapat mengobati dirinya sendiri. Dalam kasus terburuk, orang dengan HIV/AIDS dapat menghadapi infeksi parah yang menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.