[Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya

contoh teks editorial terbaru|contoh teks editorial singkat|contoh teks editorial kesehatan|contoh teks editorial terbaru hari ini|contoh teks editorial beserta strukturnya

[Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya
[Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya

RadarTimikaOnline – Halo teman-teman kembali lagi bersama admin yang akan membagikan kabar atau berita terbaru, yang sedang viral dan tranding pada saat ini. Simak terus artikel ini hingga selesai, dengan judul [Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi editor tentang suatu masalah. Teks editorial juga bisa disebut editorial dan sering ditemukan di media seperti surat kabar.

Isu yang dibahas dalam teks editorial bermacam-macam, seperti isu politik, sosial, dan kebijakan, teks editorial berbeda dengan teks opini biasa. Hal ini karena teks editorial juga didukung oleh argumen-argumen pendukung.

Secara tidak langsung, teks editorial merupakan pandangan media terhadap peristiwa yang sedang dibahas. Teks editorial bukanlah pendapat pribadi penulisnya.

Teks editorial dibuat untuk mempengaruhi dan membujuk pembaca tentang isu-isu terkini. Bahkan, teks editorial juga mampu mendorong pembaca untuk mengambil tindakan. Untuk alasan ini, harus berhati-hati saat menulis teks editorial.

[Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya

[Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya
Advertisements
[Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks editorial:

Jenis-jenis teks editorial

Secara umum, ada tiga jenis teks editorial berikut ini:

  • a. Teks editorial penjelasan.

Ini adalah teks editorial yang tujuan utamanya adalah untuk mengklarifikasi suatu masalah atau topik dengan menyajikan fakta dan angka untuk mendukung data.

  • b. Teks editorial kontroversial.

Ini adalah teks editorial yang ditulis untuk membujuk pembaca tentang keyakinan atau keinginan mereka terhadap suatu masalah. Biasanya, jenis teks editorial ini menyajikan pendapat yang berlawanan dalam cahaya yang lebih buruk.

  • c. Tajuk Rencana Penjelasan.

Ini adalah teks editorial yang menyajikan suatu masalah kepada pembaca. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi isu dan membuka mata orang untuk fokus pada isu tersebut.

Karakteristik teks editorial:

Kemudian, teks editorial juga memiliki beberapa karakteristik, yaitu sebagai berikut:

  • a. Aktual dan Faktual.

Sebuah teks editorial harus mengangkat informasi yang saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Selain itu, data yang dikumpulkan merupakan informasi yang berdasarkan fakta yang dapat dipercaya.

  • b. Sistematika dan logika.

Sebuah teks editorial harus sistematis. Sistematika berarti harus mengikuti struktur dan kaidah kebahasaan yang sesuai. Selain itu, teks editorial harus logis, bukan fiksi.

  • c. Argumentasi

Teks editorial adalah teks yang berisi argumentasi yang merupakan sudut pandang editor.

Struktur Teks Editorial

Teks editorial memiliki struktur penulisan tertentu yang meliputi:

  • a. Tesis

Tesis, atau disebut juga pengantar masalah, merupakan bagian pengantar dari teks editorial. Tesis berfungsi untuk memperkenalkan isu-isu atau masalah yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Bagian tesis biasanya menguraikan isu-isu yang relevan, fenomenal, atau kontroversial.

  • b. Argumentasi

Argumentasi adalah bagian teks editorial yang berisi pernyataan pendapat. Bagian argumentasi berisi pembahasan yang berupa tanggapan redaksi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang telah disajikan sebelumnya.

  • c. Penegasan

Penegasan atau pernyataan ulang pendapat dalam teks editorial berisi simpulan teks, saran, atau rekomendasi. Selain itu, bagian penegasan juga berisi harapan editor terhadap pihak-pihak terkait yang terlibat dalam masalah yang sedang dibahas.

Berikut ini beberapa contoh teks editorial yang mengikuti struktur penulisan dan kaidah bahasa yang tepat.

  • Contoh Teks Editorial I

Selama kasus Covid-19, tidak sedikit tenaga medis profesional yang kehilangan nyawa dalam menjalankan tugasnya. Mereka mendahulukan kepentingan pasien daripada kepentingan mereka sendiri, bekerja tanpa lelah atas nama kemanusiaan. Kematian para tenaga medis profesional ini tidak lepas dari dampak kebijakan publik dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol pelayanan kesehatan.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan bahwa hingga Kamis, 15 Oktober 2020, total 136 dokter meninggal dunia karena Covid-19. Ke-136 dokter tersebut terdiri dari 71 dokter umum, 63 dokter spesialis dan dua dokter residen yang tersebar di 18 provinsi dan 66 kota/kabupaten. Hingga 10 November 2020, tercatat 323 staf medis meninggal dunia.

Nyawa tenaga medis, sebagai salah satu aset negara, sama berharganya dengan nyawa pasien lainnya. Kematian ini cepat atau lambat akan mempengaruhi percepatan kasus Covid-19.

Meningkatnya jumlah kematian tenaga medis menunjukkan kurangnya empati masyarakat dan pemerintah terhadap perjuangan mereka. Tindakan segera pada kebijakan publik dan kepatuhan terhadap norma-norma masyarakat diperlukan jika kita ingin mengurangi kematian staf medis.

  • Contoh Teks Editorial II

Sistem pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Hal ini disebabkan karena revolusi mental yang dibicarakan pemerintah hanya sebatas slogan, bukan implementasi nyata.

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kemunduran pendidikan Indonesia, antara lain kesejahteraan guru yang buruk, sarana dan prasarana yang tidak memadai, dan mentalitas korupsi yang masih mengakar kuat di pemerintahan.

Pemerintah saat ini mengalokasikan 20 persen dari anggaran nasional untuk pendidikan. Sayangnya, anggaran sebesar itu tidak digunakan sebagaimana mestinya untuk pendidikan di Indonesia, melainkan dihambur-hamburkan oleh pejabat pemerintah tanpa mencapai tujuannya.

Jika kekurangan internal ini tidak diatasi, tidak mengherankan jika pendidikan Indonesia tidak akan maju. Sejatinya, pendidikan seharusnya tidak hanya membuat anak menjadi pintar, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia.

 

Penutup

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa ikuti terus web ini agar tidak ketinggalan berita-berita yang sedang trend atau viral. Hanya itu yang dapat admin bagikan tentang [Lengkap] Terbaru Contoh Teks Editorial Pengertian Jenis Ciri & Strukturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *