Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

apa saja manfaat pembelajaran kreatif dan inovatif pada kurikulum merdeka|proses pembelajaran di kelas kurikulum merdeka|cara menciptakan kelas interaktif dalam pembelajaran kurikulum merdeka|pembelajaran kreatif dan inovatif di tk|mendesain pembelajaran inovatif|pendekatan mata pelajaran pada kurikulum merdeka|implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran|siswa kreatif dan inovatif selalu menghasilkan

Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023
Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

RadarTimikaOnline – Halo teman-teman kembali lagi bersama admin yang akan membagikan kabar atau berita terbaru, yang sedang viral dan trending pada saat ini. Simak terus artikel ini hingga selesai, dengan judul Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada strategi, metode atau upaya untuk meningkatkan setiap keterampilan positif dalam proses pembelajaran.

Dalam kegiatan mengembangkan potensi dan kemampuannya, peserta didik adalah peserta yang paling aktif dan guru adalah pemimpin kegiatan belajar peserta didik. B

eberapa soft skill yang perlu dikuasai oleh peserta didik adalah kemampuan komunikasi, kerjasama, berpikir kritis, manajemen waktu yang baik, kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, etos kerja dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Kurikulum Merdeka Dan Solusi Terhadap Kendala Pembelajaran Inovatif

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Game Edukatif Untuk Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Dalam setiap pelajaran, alat bantu pembelajaran diperlukan untuk memastikan bahwa pelajaran berjalan efektif dan efisien. Materi pembelajaran dari guru kepada peserta didik juga dapat dikomunikasikan dengan baik. Alat pembelajaran merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran di sekolah.

Penggunaan media pembelajaran juga merupakan upaya kreatif dan sistematis untuk menciptakan pengalaman yang dapat membantu proses belajar siswa.

Bagaimanapun juga, media berperan sebagai alat perangsang dan membantu meningkatkan motivasi belajar sehingga peserta didik tidak menjadi bosan atau jenuh. Namun demikian, pemilihan media harus sejalan dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai.

Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023
Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada strategi, metode atau upaya untuk meningkatkan setiap keterampilan positif dalam proses pembelajaran.

Dalam kegiatan mengembangkan potensi dan kemampuannya, peserta didik merupakan peserta yang paling aktif dan guru merupakan pengawas kegiatan belajar peserta didik.

Baca Juga: Ini Penjelasannya! Seperti Apa Realisasi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka

Advertisements

Baca Juga: Tujuan Kelas Interaktif Untuk Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Beberapa soft skills yang perlu dikuasai oleh peserta didik, misalnya, keterampilan komunikasi, kerja sama, berpikir kritis, manajemen waktu yang baik, kemampuan memecahkan masalah yang kompleks, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, etos kerja, dan sebagainya.

Beberapa jenis alat bantu pembelajaran yang inovatif dan menarik antara lain:

Buku interaktif

Buku interaktif merupakan alat komunikasi yang cocok untuk pelajaran bagi peserta didik karena tidak hanya berisi pesan tetapi juga memiliki sisi interaktif di mana peserta didik dapat belajar berfantasi dan bermain dengan media pada saat yang bersamaan.

  • Jenis-jenis buku interaktif hadir dalam berbagai bentuk yang terdiri dari:

(1) Buku interaktif pop-up adalah jenis buku interaktif dalam bentuk gambar yang dilipat yang terlihat tiga dimensi dengan bantuan lipatan kertas.

(2) Buku interaktif Peek a book, kadang-kadang juga disebut buku interaktif flip-top, adalah jenis buku interaktif yang halamannya harus dibuka untuk menemukan kejutan yang bersembunyi di balik halaman.

(3) Buku interaktif Pull tab adalah jenis buku interaktif berupa kertas yang menarik ke halaman berikutnya.

(4) Hidden object book (buku objek tersembunyi) adalah jenis buku di mana anak diminta untuk mengidentifikasi objek yang disamarkan pada bagian halaman dan membimbing anak melalui cerita.

(5) Buku permainan interaktif adalah jenis buku permainan interaktif dengan atau tanpa menggunakan alat tulis.

Baca Juga: Terbaru Kunci Jawaban BIndo Kelas 8 Halaman 170 Beserta Penjelasannya

(6) Buku interaktif partisipatif adalah jenis buku interaktif yang berisi penjelasan atau cerita yang disertai dengan tanya jawab dan/atau instruksi untuk melakukan sesuatu untuk menguji penjelasan atau cerita dalam buku tersebut.

(7) Buku interaktif “play-a-song” atau “play-a-sound” adalah jenis buku interaktif yang memiliki tombol-tombol yang apabila ditekan akan menghasilkan suara berupa lagu atau bunyi yang berkaitan dengan cerita dalam buku. (8) Buku interaktif play-a-sound adalah jenis buku interaktif yang biasanya digunakan untuk siswa pra-sekolah untuk mengembangkan minat mereka dalam mempelajari tentang tekstur yang berbeda-beda, seperti bulu-bulu halus pada gambar burung.

(9) Buku interaktif campuran adalah jenis buku interaktif yang berisi kombinasi dari beberapa jenis buku interaktif yang berbeda. Contohnya adalah buku interaktif yang berisi perpaduan antara ‘pull up’ dan ‘peek-a-boo’.

(10) Buku interaktif Spotlight adalah jenis buku interaktif yang didesain untuk memusatkan perhatian pada suatu objek/subjek pada satu halaman.

Video pembelajaran

Video instruksional adalah alat pembelajaran yang menggabungkan audio dan visual untuk menyampaikan topik yang sedang dipelajari.

Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023
Penerapan Dan Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

Ada berbagai format video instruksional yang bisa digunakan oleh para guru. Ada video instruksional di mana guru menjelaskan suatu subjek, video yang hanya menggunakan gambar bergerak atau teks untuk menjelaskan suatu subjek, atau campuran keduanya.

Aplikasi berbasis teknologi

Sarana pembelajaran yang saat ini sudah mulai berkembang secara luas adalah sarana pembelajaran berbasis teknologi (batik). Hal ini karena sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tuntutan dalam dunia pendidikan, agar pembelajaran lebih maju, lebih efektif dan lebih efisien, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi di sekolah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Aplikasi pembelajaran berbasis TIK seperti Moodle, Geogebra, Whiteboard Animation, Autograph, Desmos, Quizzizz, Kahoot!, Edmodo, Google Classroom, Duolingo dan sebagainya.

Games / Permainan

Ada beberapa jenis permainan yang bisa dijadikan media oleh guru, antara lain:

(1) Permainan di ruang kelas

Permainan yang meminta siswa untuk bergerak, seperti gobak sodor, petak umpet, engklek, permainan running text bahasa Inggris dan sebagainya.

(2) Permainan kartu/papan

Permainan yang menggunakan kartu atau papan, seperti monopoli, ular tangga, fundra, ludo dan sebagainya.

(3) Permainan menggunakan alat bantu

Permainan yang membutuhkan penggunaan alat, seperti galasin, enggrang, balok berwarna, lego, boneka dan sebagainya.

(4) Permainan digital

Game yang menggunakan perangkat digital saat bermain, seperti Mobile Legend, PUBG, FF, Pokemnon Go, Wining Eleven dan sebagainya.

Media poster

Dalam pengajaran, media poster berfungsi untuk memvisualisasikan pesan, informasi atau konsep yang akan disampaikan kepada peserta didik melalui ilustrasi, gambar yang hampir sesuai dengan kenyataan suatu objek atau situasi.

Gambar visual dalam poster bisa membantu para peserta didik memahami informasi. Selain itu, gambar visual yang digunakan dekat dengan kehidupan sehari-hari para pembelajar. Poster dapat digunakan untuk memancing diskusi dan pertanyaan dari peserta didik.

Poster juga bisa digunakan untuk mencatat pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dengan poster, peserta didik mempertajam kemampuan mereka untuk mengungkapkan argumen mereka saat peserta didik menjelaskan isi poster. Secara tidak langsung, hal ini mengasah keterampilan berbicara di depan umum para pembelajar.

Gambar fotografi

Gambar fotografi bisa diperoleh dari beberapa sumber seperti surat kabar, gambar, kartun, ilustrasi. Foto-foto yang diperoleh dari berbagai sumber dapat digunakan secara efektif oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan tertentu.

Papan flanel

Media pembelajaran papan flanel merupakan media visual yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu dan untuk tujuan tertentu.

Papan flanel ini dapat dilipat dan praktis. Gambar-gambarnya mudah diatur dan diturunkan, sehingga bisa digunakan kembali berkali-kali.

Diagram

Diagram adalah presentasi dalam bentuk gambar grafis yang menginformasikan tentang hubungan.

Penggunaan teknologi dapat menjadi pilihan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran yang berbeda di kelas. Differentiated instruction adalah pengajaran yang memberikan fleksibilitas untuk meningkatkan potensi siswa sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar mereka.

Berbagai cara di mana teknologi digunakan dalam pembuatan produk/konten pembelajaran termasuk penggunaan video instruksional, audio pembelajaran, multimedia interaktif, dan munculnya virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Guru dan siswa dapat memperoleh materi-materi yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Penelitian dengan mengakses portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id/ . Para guru bisa membuka https://kurikulum.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan suplemen dan informasi tentang kurikulum independen.

Guru juga dapat mengambil semua informasi pembelajaran sendiri melalui platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar bertujuan untuk memudahkan guru mengajar sesuai dengan kemampuan siswa, memberikan pelatihan untuk membangun kompetensi dan bekerja untuk menginspirasi rekan kerja.

Aplikasi ini tersedia di Playstore untuk pengguna layanan Android atau bisa diakses melalui https://guru.kemdikbud.go.id/.

Penggunaan teknologi dalam mentransformasi pembelajaran di Indonesia telah menjadi tantangan bersama, yang dirancang untuk menjadi solusi untuk membantu departemen pendidikan menerapkan kurikulum mandiri.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sangat memungkinkan untuk menghadirkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang memenuhi kebutuhan negara dalam memajukan dunia pendidikan.

Penutup

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa ikuti terus web ini agar tidak ketinggalan berita-berita yang sedang trend atau viral. Hanya itu yang dapat admin bagikan tentang Manfaat Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Pada Kurikulum Merdeka 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *